tips dan trik untuk Kelola reputasi untuk kesuksesan

Mengabaikan apa yang pelanggan pikirkan atau rasakan dapat menyebabkan masalah bagi perusahaan Anda. Jika Anda tidak peduli dengan hal-hal ini, orang akan membicarakannya. Ikuti tips ini untuk membangun reputasi positif dan memenangkan pelanggan.

Sebelum menginvestasikan terlalu banyak usaha dalam manajemen reputasi online, periksa berapa banyak yang Anda butuhkan. Telusuri bisnis Anda dengan Google dan Bing. Apakah ada hasil negatif? Apakah situs web dan blog yang dioperasikan perusahaan Anda sedikit atau tidak dapat diakses sama sekali? Jika Anda menjawab “ya” untuk kedua pertanyaan, pekerjaan terputus.

Ketika datang untuk mengelola konten negatif online tentang merek Anda, pertahanan terbaik adalah penghinaan yang baik. Pastikan ada banyak umpan balik dan reaksi positif terhadap merek Anda, dan Anda menahan semua umpan balik negatif. Pastikan Anda menerima umpan balik positif secara teratur.

Pastikan setidaknya beberapa situs web bisnis Anda dioptimalkan untuk nama bisnis Anda. Anda ingin Google mengenali beranda perusahaan Anda sebagai situs web resmi untuk bisnis Anda. Anda ingin posisi pencarian pertama untuk nama perusahaan Anda, bukan nomor dua atau tiga di belakang artikel atau blog Wikipedia. Pastikan situs web Anda adalah daftar pertama yang dilihat siapa pun saat Anda Google merek Anda.

Cara terbaik untuk meningkatkan citra bisnis Anda adalah mendorong pelanggan yang puas dengan layanan atau produk Anda untuk mengirim ulasan positif di blog atau situs web Anda. Anda juga dapat meminta mereka untuk mengatakan sesuatu yang baik tentang bisnis Anda di situs-situs seperti LinkedIn, Google Places atau Yelp.

Jika Anda melakukan kesalahan, minta maaf dengan cepat. Kebanyakan orang menyadari bahwa setiap orang adalah dan kesalahan terjadi. Jika Anda dapat memperbaiki kesalahan, lakukan dengan cepat dan perbaiki di situs web Anda atau di media sosial. Jika Anda tidak dapat memperbaiki kesalahan, maafkan diri Anda dan lanjutkan dengan bisnis Anda.

Konsultasikan dengan pelanggan Anda saat ini. Anda dapat memiliki klien dengan saran untuk membangun bisnis Anda atau meningkatkan produk Anda. Ini dapat dilakukan dengan berbagai cara. Anda dapat mengirim survei ke semua orang di milis Anda atau cukup masukkan kotak saran di perusahaan Anda.


Jangan sekali-kali memposting ulasan dan komentar palsu yang akan menempatkan perusahaan Anda dalam cahaya positif. Percaya atau tidak, sebagian besar pelanggan akan tahu kapan mereka akan dikhianati dan kehilangan kepercayaan pada Anda dan bisnis Anda. Alih-alih memenangkan pelanggan, Anda bisa kehilangan mereka.

Tawarkan peluang kepada pelanggan Anda untuk mempelajari lebih lanjut tentang perusahaan Anda, untuk memperkuat reputasi perusahaan Anda dengan pelanggan Anda. Berinteraksi dengan mereka lebih banyak di jejaring sosial. Ketika orang-orang menyadari bahwa bisnis Anda bukan hanya entitas bisnis tanpa wajah, mereka akan lebih reseptif dan reputasi Anda sebagai perusahaan akan meningkat.

Jika Anda ingin meningkatkan reputasi perusahaan Anda, pertimbangkan untuk lebih terlibat dengan komunitas Anda dan menjadi sukarelawan Anda. Konsumen menyukai perusahaan yang menganggap serius tanggung jawab sosial. Dengan menyumbangkan waktu dan uang kepada komunitas lokal Anda, Anda dapat memiliki dampak positif pada reputasi bisnis Anda dan pelanggan akan melihatnya.

Semua orang membuat kesalahan, bahkan perusahaan besar. Jika perusahaan Anda membuat kesalahan, penting bahwa Anda meminta maaf kepada pelanggan Anda sesegera mungkin. Jelaskan bagaimana bisnis Anda akan meningkat. Jika Anda menemukan kesalahan, Anda masih dapat melindungi reputasi Anda karena pelanggan menghargai kejujuran Anda.

Reputasi yang baik sangat penting untuk kesuksesan perusahaan. Mungkin perlu bertahun-tahun untuk memapankan diri Anda dalam sebuah komunitas. Karenanya, saran di atas dapat membantu Anda. Jadilah proaktif dan cepat proses konten negatif sehingga mereka tidak lepas kendali. Anda akan mengesankan pelanggan dan meningkatkan reputasi Anda.

No comments

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*